Pelayanan di bar ditentukan dengan jelas oleh Barman, baik Bartender, Bar boy, dan Bar Waiter, termasuk Bar Manager dan Assistant Bar Manager. Mereka memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan layanan di bar, seperti popupbardc.

Banyak bar mengatur pelatihan mereka sendiri untuk mendapatkan Barman yang baik. Setelah menjalani pelatihan, beberapa minggu kemudian akan diangkat / dipromosikan menjadi Assistant Barman. Meningkatkan keahliannya berarti memberi lebih banyak tanggung jawab berdasarkan kemampuannya. Jika memungkinkan / sudah dalam formasi, maka akan dipromosikan sebagai Bartender/Barman.

BARTENDER

Untuk meningkatkan penjualan minuman khususnya minuman beralkohol, peran seorang Bartender sangatlah penting. Seorang bartender merupakan ujung tombak suksesnya penjualan minuman. Banyak atau lebih sedikit pelanggan bar yang datang, paling tidak banyak penjualan – penjualan dan keuntungan sangat bergantung pada kesan, keramahan, kelincahan, dan kreativitas dari Bartender.

Pekerjaan seorang Bartender / Barman tidak berbeda dengan pengecer lainnya. Hanya karena barang yang dijual memiliki khasiat khusus, dan dia harus lebih berhati-hati agar bisa memuaskan pelanggan. Seorang Barman, setelah kebaktian malam, keesokan harinya, ia akan mendapatkan jasanya makan siang. Untuk itu, ia harus memiliki istirahat yang cukup agar dapat selalu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Senyum manis dari seorang Bartender / Barman yang tulus adalah pendukung penjualan terbaik. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut dan gigi sama pentingnya dengan menjaga kebersihan tubuh. Rambut harus sering disikat, dan dipotong-potong setiap dua minggu (tidak boleh terlalu lama). Barman sebaiknya selalu memakai parfum dengan bau yang tidak terlalu merangsang. Dia tidak boleh memelihara kumis dan jenggot. Kuku jari harus dipotong pendek, rapi, dan bersih.

Seragam yang dikenakan oleh Barman harus selalu bersih, bebas dari keringat atau noda kotoran, tidak boleh kusut atau dikenakan. Pakaian berwarna tidak boleh dikenakan, kecuali jika seragam servis memang sama. Kaos harus sering diganti. Perhiasan tidak boleh dipakai selama servis. Menjaga kesehatan kaki bagi Barman / Bartender sangatlah penting. Dia tidak akan bisa menunjukkan dirinya bersih kepada tamu jika kakinya lelah dan sakit. Kebersihan kaos kaki harus selalu dijaga karena hanya dengan kaos kaki bersih seorang Barman bisa terbebas dari rasa lelah dan penyakit.

Sepatu dengan hak rendah/datar bisa membuat Barman/Bartender tidak cepat lelah karena mondar-mandir. Alas kaki yang terbuat dari karet juga akan mengurangi ketegangan.

Kondisi lain untuk Bartender/Barman meliputi:

  • Tampil rapi, necis, bersih, ramah dan sopan
  • Cekatan, suka dan senang, selalu ada kemauan untuk melayani tamu
  • Jujurlah, dapat dipercaya, jangan minum
  • Lancar berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, agar dapat berkomunikasi secara efektif dengan tamu asing
  • Berpengetahuan luas, terutama terkait dengan bidangnya
  • Mampu membuat, membuat, mendemonstrasikan ragam minuman campur dengan baik.